Tangkap Ikan Bandeng di Tambak Dasun

Panen bandeng di Desa Dasun.
Panen bandeng di Desa Dasun.

Selasa pagi, 4 Oktober 2016, Sujarwo, Kepala Desa Dasun mengajak berbagai komunitas pelestari yang terdiri dari Komunitas Rumah Baca Pamotan, Rembang Heritage Society, dan Dasun Heritage Society untuk tangkap ikan bandeng dengan jaring di salah satu tambak di Desa Dasun.

Tepatnya di Tambak Gareng, acara tangkap bandeng dengan jaring dilakukan oleh sekitar 10 orang. Tambak Gareng adalah sebuah tambak di Desa Dasun yang khusus menjadi tempat budidaya ikan bandeng. Tambak yang di tengahnya terdapat sebuah daratan banyak ditempati oleh burung-burung bangau yang mencari makan.

Ada puluhan bandeng yang terperangkap jaring, membuat banyak orang yang terlibat berjompak kesenangan. Tidak hanya bandeng, ada pula ikan-ikan lain yang ikut terperangkap, seperti jambrung dan laosan. Sujarwo memimpin tangkap ikan dengan metode giring, sergap, dan tangkap. Yaitu menggiring ikan di suatu tempat dan kemudian disergap dengan jaring dan kemudian ditangkap.

 

Dua Menu Bandeng Spesial

Bagian menarik di acara ini adalah kita tidak hanya berhenti hanya menangkap bandeng saja. Kita juga bisa memasak hasil tangkapan ikan itu di rumah Sujarwo, Kepala Desa Dasun. Ikan bandeng dimasak dengan cara dibakar dan dibuat sayur. Ikan bandeng yang dibakar akan dijadikan bandeng bakar sambal kecap. Dan, ikan bandeng yang disayur akan dijadikan Bandeng Sayur Mrico.

Menu selanjutnya adalah sayur bandeng mrico khas Dasun. Bandeng yang akan dibuat sayur mrico harus bandeng yang masih segar. Menurut Sujarwo, konon sayur Bandeng Mrico khas Dasun sangat cocok bagi orang yang sedang menderita demam. Dengan menyantap Bandeng Mrico, badan menjadi hangat dan segar kembali. Sayur bandeng mrico sangat cocok disantap saat masih hangat dengan aroma yang menggoda.

Makan siang bersama.
Makan siang bersama.

Siang itu, setelah menangkap bandeng langsung dari tambak, di rumah Sujarwo disajikan dua menu masakan khas Dasun yang menggoda, yaitu Bandeng Bakar Sambal Kecap dan Sayur Bandeng Mrico. Suhadi dari Komunitas Rumah Baca Pamotan, bahkan sampai makan 3 porsi Sayur Bandeng Mrico karena saking enaknya. Pop atau Baskoro dari Rembang Heritage Society juga menikmati Bandeng Bakar Sambal Kecap yang sebelumnya langsung ia tangkap dari tambak Dasun.

Related Posts

Leave a Reply