Resep: Es Sarang Burung Walet

Lasem pada era 1980-1990an merupakan penghasil sarang burung walet. Tak heran, ada kuliner khas Pecinan Lasem yang namanya es sarang burung walet.

Minuman ini terkenal dengan rasanya yang manis legit plus segar, serta sensasi kenyal jelly. Ia terbuat dari ‘jelly‘ sarang walet, ditambah air karamel dari gula pasir atau bisa diganti dengan gula jawa. Sarang burungnya banyak dijumpai di Lasem, terutama di rumah-rumah kuno Pecinan Lasem. Sementara, gula jawanya khas produksi kecamatan Lasem dan sekitarnya.

Es sarang burung walet biasanya hanya dibuat di rumah. Jarang dijual di warung makan, kecuali pesanan. Minuman ini kerapkali dibuat untuk menyambut tamu-tamu; disajikan siang menjelang sore, cocok dijadikan teman melepas lelah. Jelly-nya juga punya khasiat kesehatan, baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat minuman ini, kami berikan resep es sarang burung walet dari Mbak Asrining Asih, Humas Kelompok Sadar Wisata Keluarahan Karangturi, Lasem.

Es Sarang Burung Walet - kesengsemlasem.com

Es Sarang Burung Walet
Bahan-bahan:

  • Sarang burung walet (atau agar-agar)
  • Daun pandan
  • Gula pasir (disangrai/ digoreng) atau gula jawa
  • Klengkeng kering
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus sarang burung walet sampai sedikit lunak, sekitar 10 menit. Jangan terlalu lama karena jika terlalu lama, sarang burung walet akan hancur. Tiriskan.
  2. Sangrai gula pasir hingga cair dan berwarna kecoklatan. Lalu, angkat dan campur dengan air secukupnya. (Karamel ini bisa diganti dengan air rebusan gula jawa dan pandan untuk mengurangi aroma amis yang mungkin timbul dari sarang burung).
  3. Rendam kelengkeng kering dalam air hangat. Dapat pula menggunakan kelengkeng segar yang dipotong kecil-kecil.
  4. Campurkan semua bahan.
  5. Tambahkan es serut.
  6. Sajikan.

Catatan: sarang burung walet bisa digantikan oleh agar-agar bening yang diparut.

Related Posts

Leave a Reply