Paguyuban Pelestari Pusaka “Bhre Lasem”

Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem merupakan sebuah komunitas yang bergerak dalam pengidentifikasian, pelestarian, dan mempromosikan pusaka-pusaka yang ada di Lasem, Rembang. Nama komunitas ini diambil dari Ratu Lasem pada masa kerajaan Majapahit dulu, yakni Ratu Duhitendu Dewi (Indu Dewi) yang bergelar Bhre Lasem.

Bhre Lasem
Bhre Lasem (Foto koleksi Bhre Lasem)

Kita tahu bahwa pusaka-pusaka yang ada di Lasem masih sangat banyak yang belum teridentifikasi dengan baik. Inilah yang menjadi titik temu mengapa beberapa pegiat sejarah dan budaya di Lasem membentuk sebuah paguyuban pelestari.

Pusaka di Indonesia menurut piagam pelestarian pusaka tahun 2003 dibagi menjadi tiga bagian antara lain: pusaka budaya; pusaka alam; dan pusaka saujana. Nah, di Lasem keberadaan tiga jenis pusaka tersebut sangatlah banyak tersebar di setiap sudutnya. Bhre Lasem yang kemudian terbentuk sekitar tahun 2013 ini, ingin berupaya mengidentifikasi keberadaan pusaka-pusaka yang ada di Lasem tersebut.

Banyak sudah pusaka yang berhasil diidentifikasi oleh Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem melalui kegiatan jelajah pusaka yang diselenggarakan. Mulai dari identifikasi Makam Mbah Tengklik, Makam Adipati Lasem, Penemuan batu-batu nisan kuno, Makam Wironegoro, Gua Tinatah, dll. Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem juga berhasil membuat peta sebaran pusaka-pusaka yang berada di Lasem dan sekitarnya.

Kegiatan-kegiatan Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem tidak hanya sampai di pengidentifikasian pusaka-pusaka Lasem. Mereka juga telah beberapa kali mendampingi beberapa komunitas, mahasiswa, peneliti maupun lainnya yang melakukan riset tentang Lasem. Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem mendukung betul upaya pendokumentasian Lasem melalui karya yang mampu dibuktikan secara ilmiah.

Pertemuan dan diskusi (Foto koleksi Bhre Lasem)
Pertemuan dan diskusi (Foto koleksi Bhre Lasem)

Kemudian Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem juga mengadakan pagelaran Malam Pusaka Lasem, yaitu sebuah acara yang dilaksanakan di desa-desa di Kecamatan Lasem yang tujuannya ingin memperkenalkan dan mendiskusikan pusaka-pusaka di desa tersebut bersama masyarakatnya. Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem berkeinginan agar semua masyarakat di Lasem mampu menjaga dan melestarikan pusaka-pusaka Lasem yang sebagian besar berkelas dunia tersebut.

Sejauh ini Desa Gedongmulyo, Sriombo, Tasiksono dan Dasun telah berhasil menyelenggarakan Malam Pusaka yang didampingi oleh Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem. Desa-desa tersebut telah memiliki keunikan antara satu dengan lainnya, maka ini perlu disadari dan dimengerti oleh masyarakat setempat bahwa pelestarian adalah kata kunci untuk mewariskan pusaka kepada anak cucu kelak.

Merawat salah satu pusaka Lasem (Foto koleksi Bhre Lasem)
Merawat salah satu pusaka Lasem (Foto koleksi Bhre Lasem)

Saat ini Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem bersama beberapa komunitas pelestari lain di Lasem dan sekitarnya, sedang mengawal Lasem untuk lomba The World Tourism & Travel Council di Bangkok Thailand. Mereka juga menjadi salah satu yang terlibat dalam Promo Desa Dasun 2016 untuk menuju Wisata Bahari Dasun berbasis Konservasi dan Edukasi bersama beberapa komunitas pelestari lainnya.

Untuk menghubungi Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem cukup kontak koordinatornya Mathoya, nomor telepon +6285225239463. Atau datang ke sekretariatnya di Desa Sumbergirang,RT 01 RW 05, No. 31, Lasem.[]

Exsan Ali Setyonugroho

 

 

Profil

Ketua : Mathoya

Alamat : Sumbergirang RT 01 RW 05 No. 31 Lasem

Kontak Person : Mathoya – 085225239463

Email :

Visi : Melestarikan dan mempromosikan Pusaka Lasem

Aktifitas :

1. Malam Pusaka : Sosialisasi Pusaka Sejarah Lasem di Desa-desa di daerah Lasem

2. Pendataan Situs-situs Baru Arkeologi Lasem

3. Mempromosikan Pusaka Lasem

 

 

Paguyuban Pelestari Pusaka “BHRE Lasem”/Bhre Lasem Heritage Society

Misi dan Visi 

Mengawal Kelestarian Pusaka Lasem  menuju Lasem Kota Pusaka Dunia

Program Kerja 

1. Inventarisasi dan Dokumentasi Pusaka Lasem

2. Sekolah Pusaka Lasem

3. Malam Pusaka Lasem

4. Jelajah Pusaka Lasem / Lasem Heritage Trail

5. Promosi dan Kampanye Lasem Kota Pusaka Dunia

Kegiatan Yang Sudah Terlaksana

1. Pendampingan Widya Mitra Heritage Walk IV : Lasem Sebuah Inspirasi Budaya Pesisir 6 Oktober 2013

2. Pendampingan Mahasiswa Arkeologi UI  : Irene Paulina

3. Pendampingan Wartawan Senior Kompas :Her Suganda

4. Pendampingan Tamu Dari Ngawi : Agus Rego Subagyo

5. Pendampingan Tamu dari Jakarta : Yana A

6. Menghadiri Acara : Launching Citybook Semarang di Café Noeri’s Kota Lama Semarang

7. Pendampingan tamu dari keraton Solo RA. Retno Astuti

8. Pendampingan tamu dari ITS Surabaya

9. Pendampingan tamu dari Perhutani Kebon Harjo, Bpk Haris beserta staf

10. Menghadiri acara “sarasehan” dikeraton Kadilangu Demak

11. Menghadiri acara “Gresik Event Festival 2014” di Kemasan – Gresik

12. Study banding bersama Pemda Rembang di Malang & Madura

13. Acara “Bersih Situs” di Komplek Taman “Sita Resmi” Dkh.Caruban Ds.Gedongmulyo, dll.

14. Menjadi Salah satu Komunitas yang terlibat di acara Jelajah Pusaka Dasun, Desember 2016