Lasem Creative Heritage Society ( LCHS )

lchs-logo

Ada banyak komunitas pelestari pusaka yang ada di Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Komunitas-komunitas pelestari inilah yang merupakan bagian penting dari Lasem menuju kota pusaka dunia atau World Heritage City. Salah satu komunitas pelestari pusaka yang eksis sampai saat ini adalah Lasem Creative Heritage Society (LCHS).

Lasem Creative Heritage Society (LCHS) merupakan sebuah komunitas pemuda yang berdiri di Lasem, 16 Maret 2013, atas prakarsa dari beberapa pemuda Lasem. Awal dibentuknya LCHS ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu karena rasa keprihatinan terhadap pemuda Lasem yang setiap malam minggu war wer war wer dan tidak memiliki wadah untuk mengekspresikan bakat-bakatnya. Selain itu juga sebagai wadah untuk berkreativitas berdasarkan teks-teks pusaka Lasem.

Dokumentasi LCHS
Dokumentasi LCHS

Akhirnya di pembentukan komunitas pelestari pusaka ini mulai digagas. Setelah dirembuk dan mengalami berbagai pertemuan akhirnya LCHS resmi dibentuk pada tanggal 16 Maret 2013.

Secara kasarnya, LCHS merupakan wadah bagi pemuda-pemudi Lasem untuk berkarya dan menyalurkan kreativitasnya untuk Kota Lasem. Hampir setiap malam minggu LCHS melaksanakan agenda pentas seni di markas/sekretariatnya. LCHS juga memiliki seniman pantomim yang handal, ialah Paijo yang sering tampil diberbagai acara kreatif di Lasem dan sekitarnya.

Dokumentasi LCHS
Dokumentasi LCHS

Ada banyak kegiatan yang telah dilaksanakan LCHS demi pelestarian pusaka di Lasem. Mulai dari pengenalan hasta karya dengan ikon Lasem (kain perca batik Lasem, replika kapal sampokong, lukis rokok, dll), baca puisi dengan tema Lasem, kemudian ada Malam Pusaka Kreatif yang sudah ke-6 kalinya. Selain itu juga ada grup silat Jibril yang bergabung dengan LCHS, mereka setiap malam minggu melakukan latihan pencak silat di sekretariat LCHS.

Saat ini Lasem Creative Heritage Society bersama-sama komunitas pelestari lainnya di Lasem dan sekitarnya sedang melaksankan agenda promo Dasun 2016 menuju Wisata Bahari Dasun berbasis Konservasi dan Edukasi. Kemudian juga ikut mengawal Lasem yang akan mengikuti lomba internasional The World Travel & Turism Council (WTTC) di Bangkok Thailand pada 2017 nanti.

Saat ini Lasem Creative Heritage Society memiliki sekretariat di kompleks Museum Nyah Lasem, Karangturi Gang V, No.2, Lasem, dengan koordinatornya Mas Joko yang bisa dihubungi di nomor +6289618263664.

Exsan Ali Setyonugroho

 

 

Paguyuban Pusaka Kreatif Lasem

Ketua :  Joko Sugiarto

Alamat :  Jl. Karangturi Gg. V/2 Lasem

Kontak Person :  Joko – 089618263664

Email :

Visi : Menciptakan kondisi masyarakat Lasem yang kreatif berdasarkan

Pusaka Lasem

Aktifitas :

  1. 1. Malam Pusaka Kreatif Lasem / Lasem Creative Heritage Night
  2. 2. Latihan & Pertunjukan Silat