Karang Taruna Ira Adhimukti

Karang Taruna 'Pelestari' Ira Adhimukti
Karang Taruna ‘Pelestari’ Ira Adhimukti

 

Karang Taruna Pelestari Ira Adhimukti
Walaupun belum ada satu tahun sejak dibentuknya komunitas ini, tetapi peran dan kontribusi yang dilakukan Karang Taruna Ira Adhimukti dalam upaya pelestarian pusaka di Lasem sudah nyata. Karang Taruna Ira Adhimukti Desa Ngemplak, Kecamatan Lasem dibentuk pada 7 Februari 2016. Ira Adhimukti bergerak tidak terfokus pada kegiatan di dalam desa saja, mereka berupaya melibatkan anggotanya ke luar desa dengan bekerja sama dengan komunitas-komunitas pelestari lainnya di Lasem. Dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan kepekaan demi ikut melestarikan Pusaka Lasem.

Aktivitas pelestarian pusaka yang pernah dilakukan Ira Adhimukti adalah menyelenggarakan Malam Pusaka Desa Ngemplak. Acara ini bertujuan memperkenalkan sejarah Desa Ngemplak yang terlibat dalam masa penjajahan kolonial Belanda, serta benda-benda peninggalan sejarahnya.

Dengan bekerja sama dengan para komunitas diantaranya Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem, Rumah Baca Pamotan, Lasem Creative Heitage Society, Rembang Heritage Society, Dasun Heritage Society, Malam Pusaka Desa Ngemplak disambut antusias oleh warga lokal maupun umum. Acara tersebut memberikan edukasi tentang sejarah Desa Ngemplak, benda-benda peninggalan sejarah di Desa Ngemplak, serta bagaimana upaya ke depan untuk melestarikan Pusaka yang ada di Desa Ngemplak dan Lasem pada umumnya.

Saat ini Karang Taruna Ira Adhimukti ikut terlibat dalam berbagai kegiatan pelestari pusaka di Lasem. Mereka terlibat dalam program Promo Dasun 2016 dalam menuju Wisata Bahari Dasun berbasis Konservasi dan Edukasi. Selain itu, mereka juga ikut bersolidaritas bersama beberapa komunitas pelestari lainya dalam persiapan Lasem yang didaulat menjadi peserta lomba The World Travel and Tourism Council (WTTC) di Bangkok pada tahun 2017.

Menurut pengakuan Reni, koordinator Karang Taruna Ira Adhimukti, banyak warga menyadari adanya karang taruna memberikan manfaat banyak kepada pemuda pemudi di Desa Ngemplak.

“Saat ini pemuda lebih disibukkan dalam olah raga bola volly yang lapangannya telah didirikan para anggota karang taruna bersama dengan bantuan warga dan pihak perangkat desa,” ungkap Reni.

Kemudian Mustaqim, salah satu tokoh desa menuturkan, “Saya sangat mendukung dan mengapresiasi terhadap banyak kegiatan karang taruna yang memberikan efek positif terhadap anggotanya.” Tidak hanya itu, Mustaqim mengaku bangga memiliki warisan generasi penerus bangsa seperti pemuda karang taruna Ira Adhimukti.

Acara besar yang menjadi agenda tahunan dari Karang Taruna Ira Adhimukti adalah Agustusan. Di sana semua warga dari yang muda hingga tua dilibatkan. Tujuannya adalah guyub dan mempererat kebersamaan, yang juga merupakan bagian dari pelestarian pusaka budaya.

“Sebab jika kita lihat pada masa kemajuan teknologi dan modernisasi saat ini, individualisme masyarakat dinilai sangat tinggi. Untuk itu harus ada sebuah wadah untuk memberikan waktu kepada mereka saling berinteraksi minimal terhadap lingkungan sekitar. Beberapa kegiatan tersebuat adalah lomba anak-anak dari mewarnai, pecah air, memasukkan pensil, balap karung, kelereng, hingga fashion show. Sedangkan untuk pemuda maupun bapak-bapak mengikuti lomba volly tingkat RW. Untuk Ibu-ibu mengikuti lomba tumpeng,” jelas Reni.

Karang taruna Ira Adhimukti juga telah menerapkan pendidikan nonformal berbasis karakter melalui bimbingan belajar anak Sekolah Dasar. Reni menuturkan, “Karena karakter genenerasi penerus bangsa hanya bisa diperbaiki melalui pembiasaan yang positif sejak dini. Dengan hal tersebut generasi masa depan akan memiliki karakter yang baik menuju dunia yang sesungguhnya. Termasuk untuk ikut melestarikan nilai-nilai budaya kita yang luhur.”

Harapan Karangtaruna Ira Adhimukti ke depan adalah ingin terus memberdayakan masyarakat Ngemplak pada khususnya dan Lasem pada umumnya melalui gerakan pelestarian berbasis komunitas. Untuk berinteraksi dengan Karang Taruna Ira Adhimukti bisa menghubungi koordinatornya yaitu Nugraeni Saputri Nur Hidayah (+628968333418). []

 

Nugraeni Saputri Nur Hidayah, Exsan Ali Setyonugroho